Tuesday, November 9, 2010
Perkembangan Konsep Diri
Konsep diri merupakan salah satu aspek perkembangan psikososial peserta didik yang penting dipahami oleh seorang guru. Hal ini karena kensep diri merupakan salah satu variable yang menentukan dalam proes pendidikan. Konsep diri bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Kita dilahirkan dengan konsep diri tertentu. Bahkan ketika dilahirkan kita tidak memiliki konsep diri, tidak memiliki pengetahuan
Aspek Aspek Perkembangan Anak
Perkembangan Anak. inilah yang menarik dari anak karena anak berkebang tidak secara serentak, dalam artian anak berkembang secara bertahap sesuai dengan usianya, anak memang unik, karena segala tindakan atau apa yang dilakukan selalu menjadi perhatian semua orang.
adapun tahap-tahap perkembangan anak sesuai dengan usianya sebagai berikut:
A. Perkembangan Motorik
Perkembangan motorik
adapun tahap-tahap perkembangan anak sesuai dengan usianya sebagai berikut:
A. Perkembangan Motorik
Perkembangan motorik
Perkembangan Kognitif Anak
Di dalam kehidupan, anak dihadapkan kepada persoalan yang menuntut adanyapemecahan. Menyelesaikan suatu persoalan merupakan langkah yang lebihkompleks pada diri anak. Sebelum anak mampu menyelesaikan persoalan, anakperlu memiliki kemampuan untuk mencari cara penyelesaiannya.
Faktor kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar, karena sebahagian besar aktivitas dalam
Faktor kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar, karena sebahagian besar aktivitas dalam
Perkembangan Bahasa Anak
Bahasa adalah bentuk aturan atau sIstem lambang yang digunakan anak dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungannya yang dilakukan untuk bertukar gagasan, pikiran dan emosi. Bahasa bisa diekspresikan melalui bicara mengacu pada simbol verbal.
Selain itu bahasa dapat juga diekspresikan melalui tulisan, tanda gestural dan musik. Bahasa juga dapat mencakup aspek komunikasi nonverbal
Perkembangan Sosial Anak
Perilaku sosial merupakan aktivitas dalam berhubungan dengan orang lain, baik dengan teman sebaya, orang tua maupun saudara-saudaranya. Sejak kecil anak telah belajar cara berperilaku sosial sesuai dengan harapan orang-orang yang paling dekat dengannya, yaitu dengan ibu, ayah, saudara, dan anggota keluarga yang lain.
Apa yang telah dipelajari anak dari lingkungan keluarga turut mempengaruhi
Apa yang telah dipelajari anak dari lingkungan keluarga turut mempengaruhi
Perkembangan Motorik Anak
Perkembangan motorik merupakan perkembangan unsur kematangan dan pengandalian gerak tubuh. Ada hubungan yang saling mempengaruhi antara kebugaran tubuh,keterampilan motorik,dan kontrol motorik.
Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak prasekolah adalah keturunan, makanan bergizi, masa pra lahir,pola asuh atau peran ibu, kesehatan, perbedaan jenis kelamin, rangsangan dari
Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak prasekolah adalah keturunan, makanan bergizi, masa pra lahir,pola asuh atau peran ibu, kesehatan, perbedaan jenis kelamin, rangsangan dari
Perkembangan Emosi Anak
Perkembangan Emosi Anak. Emosi merupakan suatu keadaan atau perasaan yang bergejolak pada diri seseorang yang disadari dan diungkapkan melalui wajah atau tindakan, yang berfungsi sebagai inner adjustment (penyesuaian dari dalam) terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan.
Adapun masa Perkembangan Emosi Anak akan dijelaskan dibawah ini.
Karakteristik Perkembangan Emosi
Adapun masa Perkembangan Emosi Anak akan dijelaskan dibawah ini.
Karakteristik Perkembangan Emosi
Subscribe to:
Posts (Atom)