Wednesday, December 1, 2010

Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat adalah suatu persamaan kuadrat yang pangkat tertinggi adalah dua (2).
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, c   himpunan bilangan real dan a ≠ 0
Persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan cara :
a.    Memfaktorkan
b.    Melengkapkan bentuk kuadrat
c.

Keunggulan dan Kelemahan Quantum Learning

KEUNGGULAN :
Pembelajaran kuantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika kuantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep kuantum dipakai.
Pembelajaran kuantum lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau nativistis.
Pembelajaran kuantum lebih konstruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, behavioristis.
Pembelajaran kuantum memusatkan perhatian pada

Paradigma Pembelajaran Quantum Learning

Agar proses pembelajaran dapat dilakasanakan dengan efektif dan efisien ada beberapa paradigma yang harus dianut oleh pendidik dan peserta didik, yaitu :
 “Setiap orang, adalah guru dan sekaligus murid sehingga bisa saling berfungsi sebagai fasilitator”.
Umumnya orang belajar dengan efektif  jika dilakukan dalam suasana yang menyenangkan, lingkungan dan suasana yang tidak terlalu formal, penataan

Prinsip Quantum Learning

Prinsip utama pembelajaran kuantum berbunyi: Bawalah Dunia Mereka (Pembelajar) ke dalam Dunia Kita (Pengajar), dan Antarkan Dunia Kita (Pengajar) ke dalam Dunia Mereka (Pembelajar).
Dalam pembelajaran kuantum juga berlaku prinsip bahwa proses pembelajaran merupakan permainan orchestra simfoni.


Prinsip-prinsip dasar ini ada lima macam berikut ini :
1.    Ketahuilah bahwa segalanya berbicara

Langkah-langkah Menerapkan Quantum Learning

Adapun langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam pembelajaran melalui konsep Quantum Lerning dengan cara:

1) Kekuatan Ambak
Ambak adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan (De Potter dan Hernacki 2001: 49). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar karena dengan adanya motivasi maka keinginan untuk belajar akan selalu ada. Pada

Penerapan Quantum Learning Dalam Pembelajaran

Dalam kegiatan belajar di kelas, “Quantum Learning” menggunakan berbagai macam metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, kerja kelompok, eksperimen, dan metode pemberian tugas. Menurut Surachmad dalam Sunaryo (2001: 3), metode ceramah bermanfaat untuk mengetahui fakta yang sudah diajarkan dan proses pemikiran yang telah diketahui serta untuk merangsang siswa agar mempunyai keberanian

Karakteristik Quantum Learning

Dalam rangka pemantapan proses pembelajaran quantum learning perlu dipelajari karakteristik sebagai berikut :Pembelajaran quantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika quantum.
Dalam quantum lebih manusiawi individu menjadi pusat perhatiannya potensi diri, kemampuan berfikir, motivasi dan sebagainya diyakini dapat berkembang secara maksimal.
Pembelajaran quantum lebih bersifat